Radira |

Prosedur Pembedahan Katak

Tujuan
Menentukan organ dalam pada katak.
Mengamati struktur anatomi eksternal dan internal katak.

Alat dan Bahan
  1. katak dibius
  2. sarung tangan
  3. jas laboratorium
  4. tang
  5. bedah pin (6-10)
  6. baki pembedahan
  7. kantong penyimpanan plastik dan dasi twist
  8. gunting
  9. pena untuk menandai
  10. jarum bedah

Prosedur
  1. Mengenakan sarung tangan dan jas laboratorium.
  2. Menempatkan katak di atas baki pembedahan. Untuk menentukan jenis kelamin katak, melihat angka tangan, atau jari, di kaki depannya. Katak jantan biasanya memiliki bantalan tebal di "jempolnya" yang merupakan salah satu perbedaan eksternal antara kedua jenis kelamin. Katak jantan juga biasanya lebih kecil dari katak betina.
  3. Mencari dan mengidentifikasi fitur luar kepala. Menemukan mulut, nares eksternal, timpani, mata, dan membran nictitating.
  4. Menghidupkan katak di punggungnya dan pin bawah kaki. Memotong engsel mulut dan membukanya lebar. Mencari dan mengidentifikasi struktur di dalam mulut. Menggunakan probe untuk membantu menemukan masing-masing bagian: vomerine gigi, gigi rahang atas, yang nares internal, lidah, bukaan ke Eustachio tabung, esofagus, tekak, dan celah-celah suara seperti.
  5. Mencari pembukaan untuk kloaka katak, terletak antara kaki belakang. Menggunakan tang untuk mengangkat kulit dan gunting gunakan untuk memotong di sepanjang pusat tubuh dari kloaka ke bibir. Menghidupkan kembali kulit, dipotong ke sisi di setiap kaki, dan pin kulit datar.
  6. Mengangkat dan memotong otot-otot dan tulang dada untuk membuka rongga tubuh. Jika katak perempuan, rongga perut dapat diisi dengan telur berwarna gelap, kemudian menghapus telur pada satu sisi sehingga dapat melihat organ-organ yang mendasari mereka.
  7. Mencari dan mengidentifikasi organ-organ sistem pencernaan: kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar, kloaka, hati, kandung empedu, dan pankreas.
  8. Mengidentifikasi bagian-bagian dari sistem sirkulasi dan pernapasan yang dalam rongga dada. Cari atrium kiri, atrium kanan, dan ventrikel jantung. Menemukan arteri yang menempel pada jantung dan arteri lain di dekat tulang punggung. Mencari vena dekat salah satu bahu. Menemukan dua paru-paru.
  9. Menggunakan probe dan gunting untuk mengangkat dan menghapus usus dan hati. Mengidentifikasi bagian-bagian dari sistem kemih dan reproduksi. Melepaskan membran peritoneal, yang merupakan jaringan ikat yang terletak di atas ginjal merah. Mengamati lemak tubuh kuning yang melekat pada ginjal.Mengamati ureter, kandung kemih, testis dan saluran sperma pada pria dan indung telur, saluran telur, dan uteri pada wanita.
  10. Melepaskan ginjal dan mencari saraf tulang belakang benang yang memperpanjang dari sumsum tulang belakang. Membedah paha, dan telusuri satu saraf ke otot kaki. Memperhatikan ukuran dan tekstur otot-otot kaki.
  11. Membersihkan alat dan bahan.
  Lihat lebih lengkap, organ dalam tubuh katak di sini

7 comments:

  1. Lana dulu time skola xsempt nk wat frog operation,skola bru,lab pn xckup tools gi time tu :)

    ReplyDelete
  2. @TYNTHA LANA waktu itu aku lupa bawa kacamata pengaman :X

    ReplyDelete
  3. waahh...ini subject Biology...seronok dulu kat lab dapat bedah katak....malangnya katak tu tak dapat diselamatkan...terlebih bius...heheheheh

    ReplyDelete
  4. bedah katak, best ar. tak sempat nak bedah dulu :)

    ReplyDelete
  5. kalo aku bedah katak ga pake sarung tangan,hehe... tapi itu tidak masalah, intinya aku bisa mengamati otot katak dan melakukan pengamatan kontraksi pada kimograf

    ReplyDelete
  6. tapi jangan lupa cuci tangan pakai sabun ya :D
    kotor soalnya ;)

    ReplyDelete

Rules For Comments
- Must be polite
- Have any relation to the post
- No SARA!
- No Spamming

Thank you :)