Radira |

Organ Dalam Tubuh Katak Asli

Sebagai anggota dari kelas Amphibia, katak mungkin tinggal beberapa kehidupan dewasa mereka di darat, tetapi mereka harus kembali ke air untuk mereproduksi. Telur diletakkan dan dibuahi di dalam air. Di bagian luar kepala katak adalah dua nares eksternal, atau lubang hidung, dua timpani, atau gendang telinga, dan dua mata, yang masing-masing memiliki tiga tutup. Tutup ketiga, yang disebut membran nictitating, adalah transparan. Di dalam mulut dua nares internal, atau bukaan ke dalam hidungnya; dua gigi vomerine di tengah atap mulut, dan dua gigi rahang atas pada sisi mulut. Juga di dalam mulut di balik lidah adalah faring, atau tenggorokan.

Dalam tekak, ada beberapa bukaan: satu ke kerongkongan, tabung ke dalam mana makanan ditelan, satu ke dalam celah suara, di mana udara masuk ke pangkal tenggorokan, atau kotak suara, dan dua ke dalam tuba Eustachio, yang menghubungkan faring ke telinga. Sistem pencernaan terdiri dari organ-organ saluran pencernaan, atau tabung makanan, dan kelenjar pencernaan. Dari kerongkongan, bergerak menelan makanan ke perut dan kemudian ke usus kecil. Empedu merupakan jus pencernaan yang dibuat oleh hati dan disimpan di kantong empedu. empedu mengalir ke dalam tabung yang disebut saluran empedu, di mana jus pankreas, jus pencernaan dari pankreas, juga mengalir. Isi aliran saluran umum empedu ke dalam usus kecil, di mana sebagian besar pencernaan dan penyerapan makanan ke dalam aliran darah berlangsung.
 
Bahan dicerna melalui usus besar dan kemudian ke kloaka, ruang keluar umum dari sistem pencernaan, ekskresi, dan reproduksi. Sistem pernapasan terdiri dari lubang hidung dan laring, yang membuka ke dua paru-paru, kantung berongga dengan dinding tipis. Dinding paru-paru diisi dengan kapiler, yang mikroskopis melalui pembuluh darah yang bahan masuk ke dalam dan keluar dari darah. 

Sistem sirkulasi terdiri dari jantung, pembuluh darah, dan darah. Jantung memiliki dua kamar menerima, atau atrium, dan satu ruang pengiriman, atau ventrikel. Darah dibawa ke jantung yang disebut pembuluh vena. Vena dari bagian tubuh yang berbeda memasuki atrium kanan dan kiri. Darah dari atrium kedua masuk ke ventrikel kemudian dipompa ke dalam arteri, yang merupakan pembuluh darah yang membawa darah dari jantung.
 
Sistem kemih terdiri dari ginjal katak, ureter, kandung kemih, dan kloaka. Ginjal adalah organ yang mengekskresikan urin. Terhubung ke setiap ginjal adalah sebuah ureter, tabung melalui urin masuk ke dalam kandung kemih, kantung yang menyimpan urin sampai lolos keluar dari tubuh melalui kloaka. Organ dari sistem reproduksi laki-laki adalah testis, saluran sperma, dan kloaka. Mereka dari sistem perempuan indung telur, saluran telur, uteri, dan kloaka. Testis menghasilkan sperma, atau sel kelamin laki-laki, yang bergerak melalui saluran sperma, tabung yang membawa sperma ke kloaka, dari yang bergerak sperma di luar tubuh. Indung telur menghasilkan telur, atau sel kelamin perempuan, yang bergerak melalui saluran telur ke uteri, kemudian melalui kloaka luar tubuh.






Prosedur Pembedahan Katak, liat di sini.

11 comments:

  1. ajarin donk caranya membedah :peace:
    siapa tw jd calon dokter.. hehe

    ReplyDelete
  2. @Sharing Information

    ahaha. ga begitu minat jadi dokter.

    ada cara mbedahnya. kukirim lewat email ya.

    ReplyDelete
  3. uweekkkkk, aku gak tega liatnya, bikin gemeteran. :(

    ReplyDelete
  4. @Prayoga Teguh

    ahahha. tugas praktek Biologi. :)

    ReplyDelete
  5. terima kasih sharingny y..,
    Interface dan background musikny asik :D
    tapi aku agak sedikit bingung dengan kalimat2 pnjelasanny...,

    ReplyDelete
  6. iya sama" :D
    maaf ka, aku juga cuma share dari artikel yang aku baca ;) makasih sarannya..

    ReplyDelete
  7. iya sama" :D
    maaf ka, aku juga cuma share dari artikel yang aku baca ;) makasih sarannya..

    ReplyDelete
  8. iya sama-sama :D
    makasih udah berkunjung :D

    ReplyDelete
  9. temen ku pada takut liat tubuh katak d belah
    yeyek heheheheheheheheh.....................

    ReplyDelete

Rules For Comments
- Must polite
- Have relation with the post
- No SARA!
- No Spamming

Thank you :)