Radira |

Apa Itu Keputihan?

Keputihan (Fluor Albus) adalah suatu kondisi dimana cairan yang berlebihan keluar dari vagina. Keputihan dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis). Dalam keadaan normal, cairan yang keluar cenderung jernih atau sedikit kekuningan dan kental seperti lendir serta tidak disertai bau atau rasa gatal. Biasanya terjadi pada masa subur, sebelum dan sesudah mensturasi, saat hamil, saat mendapat rangsangan seksual, atau saat banyak melakukan aktivitas fisik yang kesemuanya tidak menimbulkan keluhan tambahan seperti bau, gatal, dan perubahan warna.

Wanita yang mengalami keputihan fisiologis tidak perlu melakukan pengobatan. Perawatan cukup dengan air rebusan daun sirih atau sabun pembersih vagina yang banyak dijual di pasaran. Akan tetapi, penggunaan sabun ini tidak boleh berlebihan karena dapat mematikan flora doderleins yang berguna untuk menjaga tingkat keasaman di dalam vagina.

Sedangkan keputihan Patologis, merupakan keputihan yang tidak normal yang terjadi karena infeksi pada vagina, adanya benda asing pada vagina atau karena keganasan. Infeksi bisa sebagai akibat dari virus, bakteri, jamur, dan parasit bersel satu Trichomonas vaginalis. Dapat pula disebabkan oleh iritasi karena berbagai sebab seperti iritasi akibat bahan pembersih vagina, iritasi saat berhubungan seksual, penggunaan tampon, dan alat kontrasepsi. Infeksi virus, bakteri, dan parasit bersel satu umumnya didapatkan saat melakukan aktivitas seksual.

Bagaimana Gejala Keputihan?

* Keluarnya cairan berwarna putih kekuningan atau putih kelabu dari saluran vagina. Cairan ini dapat encer atau kental, dan kadang-kadang berbusa. Mungkin gejala ini merupakan proses normal sebelum atau sesudah haid pada wanita tertentu.
* Pada penderita tertentu, terdapat rasa gatal yang menyertainya. Biasanya keputihan yang normal tidak disertai dengan rasa gatal. Keputihan juga dapat dialami oleh wanita yang terlalu lelah atau yang daya tahan tubuhnya lemah. Sebagian besar cairan tersebut berasal dari leher rahim, walaupun ada yang berasal dari vagina yang terinfeksi, atau alat kelamin luar.
* Pada bayi perempuan yang baru lahir, dalam waktu satu hingga sepuluh hari, dari vaginanya dapat keluar cairan akibat pengaruh hormon yang dihasilkan oleh plasenta atau uri.
* Gadis muda terkadang juga mengalami keputihan sesaat sebelum masa pubertas, biasanya gejala ini akan hilang dengan sendirinya.

Kenapa bisa terjadi keputihan abnormal?
Penyebab utama fluor albus abnormal adalah infeksi daerah genital. Bisa infeksidi daerah vulva, vagina, mulut rahim, selaput lendir rahim, dan saluran telur. Infeksi ini bisa berwujud jamur, kuman, dan hewan bersel satu.Penyebab lainnya adalah kondisi tubuh yang menurun, perubahan hormon tubuh, dan masuknya benda asing.

Bagaimana Mencegah Keputihan?

* Menjaga kebersihan genitalia, membersihkan vagina dengan air bersih yang mengalir dengan cara mengusap dari depan ke belakang.
* Minimalisir penggunaan sabun antiseptik karena dapat menggangu keseimbangan pH vagina.
* Mengganti pembalut tepat waktu minimal 3 kali sehari.
* Memilih pakaian dalam yang tepat, memakai celana yang yang tidak ketat dan menyerap keringat.
* Menghindarkan faktor risiko infeksi seperti berganti-ganti pasangan seksual, serta pemeriksaan ginekologi secara teratur
* Gunakan selalu celana dalam kering untuk memastikan Vagina dalam keadaan kering saat berpakaian sehari-hari.

Bagaimana Mengobati Keputihan Abnormal?
Cara terbaik adalah mengunjungi dokter kandungan anda, tetapi ada beberapa pengobatan tradisional yang membantu mengobati dan membersihkan keputihan.

Cara pertama :
30 gram kulit delima kering dan 30 gram sambiloto direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. kemudian airnya diminum selagi hangat.
(Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari)

Cara Kedua :
Lidah buaya secukupnya dikupas kulitnya lalu dijus kemudian direbus bersama 30 gram sambiloto dengan air secukupnya. Setelah itu, airnya diminum selagi hangat.
(Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari)

Cara Ketiga :
Lidah buaya secukupnya dikupas kulitnya lalu bagian dalamnya dijus, kemudian direbus bersama 30 gram sambiloto dan sirih secukupnya dengan air secukupnya. Setelah mendidih, gunakan air rebusan untuk membersihkan vagina dalam keadaan hangat-hangat.
(Pemakaian : secara teratur 2 kali sehari)

Cara Keempat :
Rebus dengan 3 gelas air bahan berupa 15 gram bunga jengger ayam kering, 15 gram sambiloto kering, dan 10 lembar daun iler segar hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring.
(Pemakaian : Minum sekaligus sebelum makan. Setelah itu, rebus ampasnya sekali lagi dan minum airnya pada sore hari)

Jika pada saat ini anda sedang mengalami keputihan , jangan panik dan tetap santai, karena keputihan itu normal, namun jika sudah terasa akan gejala abnormal seperti berbusa, rasa gatal., berwarna cokelat atau keabu-abuan dengan bercak-bercak darah, serta berbau anyir busuk segeralah melakukan pengobatan.

Catatan: Jika keputihan berlangsung lama, atau tidak sembuh dengan cara pengobatan, segera temui petugas kesehatan.

5 comments:

  1. Basmi Keputihan Serta Masalah Kewanitaan Dengan Crystal X

    Crystal–X diramu dari tumbuhan dan bahan organic yang mengandung Sulfur, Antiseptik, Minyak Vinieill.
    Bermanfaat untuk menyembuhkan iritasi di selaput miss V, membunuh kuman dan bakteri, membersihkan kerak atau kotoran diselaput miss V, membantu menghilangkan bau tidak sedap di miss V, mencegah dan menyembuhkan keputihan, mengaktifkan dan melenturkan kembali selaput miss V, menambah kepekaan miss V terhadap daya rangsang, dan mencegah terjadinya serangan kanker pada organ kewanitaan.

    Natural Crystal X juga akan memberikan kenyamanan dan menambah rasa percaya diri Anda sebagai wanita karena keharmonisan rumah tangga berada dalam genggaman tangan Anda.
    Berikan kejutan pada sang suami dan katakan bahwa Anda sangat mencintainya.
    Atau bagi Anda para suami, berikan Natural Crystal X sebagai kado terindah untuk istri tercinta dan nikmati sensasi yang luar biasa.

    Inilah Solusi Cerdas Mencegah dan Mengobati Masalah Kewanitaan.

    http://mahkotadewa.net/perawatan_kewanitaan/crystal-x.html

    ReplyDelete
  2. makasih ya sudah sharing tentang keputihan
    bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  3. Blog yang bagusss. Saya ada obat keputihan kalo tertarik bisa mengunjungi website kami di http://www.crystalkeharmonisan.com . Terima Kasih !!!

    ReplyDelete

Rules For Comments
- Must polite
- Have relation with the post
- No SARA!
- No Spamming

Thank you :)