Radira |

Kiat Daya Tahan Tubuh Baik

Kebugaran sangat mempengaruhi daya tahan tubuh karena daya tahan tubuh merupakan kemampuan tubuh beradaptasi dengan kondisi dan situasi ekstrem (cuaca, iklim, medan). Daya tahan tubuh dipengaruhi oleh : kebutuhan oksigen, suhu lingkungan, kebutuhan cairan, kebutuhan garam/ elektrolit, serta makanan (kalori).

Kebutuhan oksigen, merupakan bagian dari proses penyediaan energi dalam tubuh selama melakukan aktivitas. Aklimatisasi merupakan penyesuaian kemampuan tubuh dengan kadar oksigen setempat. Kekurangan oksigen menyebabkan hypoxia.

Suhu lingkungan, suhu dingin menyebabkan hypothermia dan suhu panas dapat mengakibatkan kejang dan kadang-kadan gjuga kematian. Tubuh manusia akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan suhu panas daripada suhu dingin.

Kebutuhan cairan, air adalah mutlak dalam kehidupan manusia. Manusia dapat hidup tanpa air kurang-lebih selama tiga hari, namun dalam suhu 20-30 C orang dapat hidup tanpa air selama delapan hari.
Sebagai gambaran, kebutuhan air dalam tubuh kita adalah
Suhu 10 C diperlukan air satu liter per 24 jam.
Suhu 20 C diperlukan empat air 1/24 jam.
Suhu 30 C diperlukan air 5 1/24 jam.
Suhu 40 C diperlukan air 6 1/24 jam

Kebutuhan garam/ elektrolit, salah satu elektrolit terpenting dalam tubuh adalah NaCl/ garam dapur. Kebutuhan garam bagi setiap orang di daerah subtropik adalah 10 gram/ 24 jam. Bagi daerah tropis 15-25 g/ 24 jam tergantung aktivitasnya. Dalam keadaan tertentu dapat digunakan garam oralit.

Kebutuhan makanan/ kalori. Untuk kehidupan sehari-hari tanpa aktivitas yang berat maka jumlah kalori yang diperlukan setiap orang adalah 2000 - 2500 kalori/ hari. Tapi dalam aktivitas berat, kebutuhan akan meningkat menjadi 2500 - 3000 kalori. Sumber makanan adalah zat hidrat arang, lemak dan protein. Makanan yang baik, teridiri atas 75% berasal dari hidrat arang, dan 25% berasal dari protein dan lemak.

Sumber : Majalah Intisari Volume 9

Post a Comment

Rules For Comments
- Must polite
- Have relation with the post
- No SARA!
- No Spamming

Thank you :)