Radira |

Perkawinan Beda Agama Katolik dan Islam

Pendapatku .....


Perkawinan umat katolik dengan umat islam termasuk perkawinan beda agama yang tidak diperbolehkan di Indonesia.

Di pihak katolik sendiri, perkawinan tersebut tidak dapat dilakukan karena agama katolik memandang perkawinan tersebut bukan sebagai sakramen karena salah satu pihak belum dibaptis (sah). Namun kemudian, pada tiap gereja katolik pasti ada proses dispensasi yang memungkinkan terjadinya perkawaninan beda agama.

Di pihak islam, terdapat dua aliran yang memberikan pandangan mengenai hal ini. Aliran pertama menyatakan : dimungkinkannya perkawinan beda agama, tapi jika hanya prianya beragama islam, sementara pihak perempuan beragama non-Islam, selain pernyataan di atas, beda agama tida boleh dilakukan. Aliran kedua menyatakan : apapun kondisinya, perkawinan beda agama tidak dapat dilakukan.

Di pihak hukum, di Indonesia tidak dimungkinkan untuk melakukan perkawinan beda agama. Yang kemudian mungkin dapat dilakukan adalah melakukan perkawinan beda agama di luar negeri kemudian mencatatkan perkawinan tersebut di KUA/ Kantor Catatan Sipil. Namun, dicatatkannya perkawinan beda agama di luar negeri tidak serta merta membuat perkawinan itu sah di mata hukum Indonesia.

Yahh... Cinta itu buta, sampai terkadang melupakan aturan agama. Menurutku sie, agamalah yang akan melanggengkan berdasarkan rahmat dan cinta kasih. Maka perkawinan beda agama itu boleh dilakukan selama didasari cinta dan kasih sayang, melengkapi, dan melindungi.

sumber : http://agama.kompasiana.com/2011/01/14/solusi-untuk-pasangan-yang-berbeda-agama/

14 comments:

  1. hehe..saya komen kembali yah

    ada lagi pasal perkahwinan selain artikel ini?

    saya suka baca artikel ini,
    memang membuka minda saya =)

    ReplyDelete
  2. @deDetz ehehe. makasih.

    ini tugas sekolah, jadi harus aku ringkas. sebenarnya masih banyak lagi. kapan-kapan saya posting. ok

    share ya ke teman-teman :D

    ReplyDelete
  3. branda nya mana nie hehehehe

    ReplyDelete
  4. sulitt...,,akkuu bawa tasbih...,,dia pegang salib... :(
    Allah is one....,,cumma cara nya ajja yang berbedda..

    ReplyDelete
  5. aku juga sama :(
    aku sependapat tuh Tuhan itu satu, tapi cara kita aja yang beda.
    Harus gimana ya..
    hmm

    ReplyDelete
  6. sapa yang bilang allah ada 3 bro , di katolik juga cuma ada 1 . baca lagi dengan seksama . allah itu sempurna dan dapat menyerupai siapapun dan ada disekitar kita .

    allah bapa > allah sebagai bapa di surga
    allah putera > allah yang turun ke dunia dalam gambaran manusia melalui tuhan yesus (isa almasih)
    allah roh kudus > allah akan ada di dalam hati semua manusia dalam bentuk roh kudus

    dan semua nya tetap 1. tidak ada 3 allah tapi allah bisa ada dimana2 bisa saja saat ini dia ada disebelah kalian karena allah mahakuasa .
    god bless you

    ReplyDelete
  7. Maaf sebelumnya, aku ngga pernah bahas tentang Tuhan yang ada tiga.
    Aku juga mempercayai Tuhan cuma satu :)

    God bless you too :)

    ReplyDelete

Rules For Comments
- Must polite
- Have relation with the post
- No SARA!
- No Spamming

Thank you :)