Radira |

Perbedaan Seminar, Simposium, Workshop, dan Training

Seminar
Seminar merupakan salah satu bentuk dari proses akademis yang diselenggarakan oleh lembaga akademik maupun organisasi profesi, bahkan bisa diselenggarakan oleh lembaga komersial.
  • Menurut Wikipedia (2012), poin dari sebuah seminar yaitu ada satu topik dengan satu pembicara atau lebih dan peserta seminar boleh bertanya apapun yang akan dijawab oleh pembicara. Normalnya, peserta bukanlah pemula dalam topik yang dibawakan, tetapi dalam seminar popular, peserta merupakan mereka yang belum memiliki pengetahuan tetapi memiliki ketertarikan terhadap topik yang diberikan.
  • Berdasarkan Kamus Merriam-webster, terdapat 3 (tiga) pengertian dari seminar. Salah satu pengertian yang mudah dipahami yaitu bahwa seminar adalah pertemuan tempat memberikan topik dan berdiskusi.

Karakteristik Seminar yaitu ada pembicara (boleh satu atau lebih), ada topik tertentu (pada umumnya satu topik satu pembicara), ada peserta/ audience (boleh pemula maupun yang sudah ahli), ada sesi presentasi, dan dilanjutkan dengan diskusi.


Simposium
Berdasarkan Kamus Merriam-webster, Simposium merupakan “a formal meeting at which several specialists deliver short addresses on a topic or on related topics”.

Karakteristik suatu Simposium yaitu terdapat beberapa pembicara ahlisatu topik dibahas dari beberapa sisiaudience (peserta) biasanya bukan pemula, ada presentasi, dan diskusi.

Workshop atau Lokakarya
  • Menurut Wikipedia Indonesia, Workshop adalah suatu acara di mana beberapa orang berkumpul untuk memecahkan masalah tertentu dan mencari solusinya. Sebuah lokakarya adalah pertemuan ilmiah yang kecil.
  • Berdasarkan Kamus Merriam-webster, Workshop merupakan a usually brief intensive educational program for a relatively small group of people that focuses especially on techniques and skills in a particular field.

Karakteristik suatu Workshoppembicara hanya memberikan overview pada topik tertentupeserta umumnya orang yang sudah berpengalaman dalam topik tersebut, peserta akan dibagi dalam kelompok untuk berdiskusi, dan hasil diskusinya merupakan hal-hal yang umumnya membutuhkan tindak lanjut.


Training

Menurut Wikipedia Indonesia, Training merujuk pada perolehan pengetahuan, ketrampilan, dan kompetensi sebagai hasil dari prosesnya. Training memiliki tujuan meningkatkan kemampuan pesertanya dalam 3 (tiga) hal yaitu pengetahuan, ketrampilan dan kompetensi.

Karakteristik suatu Training : ada pelatih (instead of pembicara), ada peserta pelatihan (idealnya berjumlah maksimum 20 orang, lebih dari itu biasanya tidak efektif, tetapi tergantung jenis pelatihannya), proses biasanya terdiri dari sesi presentasi, diskusi dan latihan ketrampilan, dan outputnya berupa peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan kompetensi peserta pelatihan

Sumber : http://duniaretha.blogspot.com/2012/03/seminar-simposium-lokakaryaworkshop.html

Post a Comment

Rules For Comments
- Must polite
- Have relation with the post
- No SARA!
- No Spamming

Thank you :)