Radira |

Multiprogramming Multiprocessing Distributed Processing Dalam Sistem Operasi

Multiprogramming (Multitasking)
Multiprogramming adalah penggunaan satu central processing unit (CPU) dalam satu sistem komputer untuk menjalankan beberapa tugas yang ada. Multiprogamming juga merupakan teknik penjadwalan dimana tugas(program) yang sedang berjalan tetap berjalan sampai ia melakukan operasi yang membutuhkan waktu untuk menunggu respon dari luar, misalnya membaca data dari flashdisk, CD, dsb, atau sampai komputer memaksa untuk menukar tugas(program) yang sedang berjalan dengan tugas(program) lainnya. 

Bentuk multiprogramming misalnya :
Satu Komputer dapat menjalankan program EXCEL untuk pengolahan table. Saat mengolah data dengan Excel, pemakai memainkan musik dari CD ROM. Sambil memperbaiki dokumen pemakai juga mencetak dokumen yang sudah jadi. Jadi tugas yang dapat dilaksanakan komputer tersebut yaitu : pencetakan dokumen, pengolahan data, dan bermusik.



Program yang dapat dijalankan dengan Multiprogramming :  
  • Tidak bergantung (Independent)
Proses terpisah satu dari lainnya & tidak berpengaruh. Meski proses-proses tidak bekerja bersama, sistem operasi perlu mengatur persaingan diantara proses-proses itu dalam memperoleh sumber daya yang terbatas.
  • Satu program pada satu saat (one program at any instant)
Pada satu waktu hanya satu proses yang dilayani pemroses, menggunakan interleave (saling melanjutkan) bukan overlap (melampaui batas operasi) diantara program-program.
Contoh : Terdapat dua aplikasi yang berusaha mengakses printer yang sama, bila kedua aplikasi benar-benar mengakses printer yang sama secara bersamaan, maka kedua proses akan memperoleh hasil yang tak dikehendaki. Sistem operasi harus mengatur pengaksesan-pengaksesan sumber daya agar tidak menyebabkan hasil yang tidak dikehendaki.
  • Paralel semu (pseudoparallelism)
Oleh karena perpindahan dari satu proses ke proses dilakukan secara cepat bagi pemakai seolah-olah bekerja secara paralel.
Pelaksanaan instruksi yang diterapkan adalah:
- program dimuat ke dalam memori,
- program dijalankan sampai mengakses perangkat I/O,
- berpindah (switch) ke pekerjaan lain,
- langkah tersebut berulang terus menerus,
- untuk proses perpindahan (switching), dilaksanakan oleh software.

Multiprogramming bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan CPU dengan cara mengatur alokasi waktu yang digunakan oleh CPU, sehingga proses berjalan sepanjang waktu dan memperkecil waktu idle (nganggur). Untuk sistem yang bersifat prosesor tunggal (uniprosesor), hanya ada satu proses yang dapat berjalan setiap waktunya. Jika proses yang ada lebih dari satu, maka proses yang lain harus menunggu sampai CPU bebas dan siap untuk dijadwalkan kembali.

Contoh SO yang mendukung : MS Windows 3.0, Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows NT, Linux, OS/2.


Multiprocessing
Multiprocessing adalah penggunaan dua atau lebih central processing unit (CPU) dalam satu sistem komputer untuk menjalankan beberapa tugas yang ada. Dengan kata lain komputer dengan banyak pemroses di satu sistem komputer dengan masing-masing pemroses melakukan pemrosesan secara independen. Istilah ini juga merujuk pada kemampuan dari suatu sistem untuk mendukung lebih dari satu prosesor dan / atau kemampuan untuk mengalokasikan tugas antara mereka.


Bentuk Multiprocessing misalnya :
  • Pengolahan data KPU yang bersifat terpusat di Jakarta dan dapat diakses dari seluruh jaringan di Indonesia.
  • Super komputer sebagai mesin catur yang pernah bertarung dengan Grand Master Anatoly Karpov.
  • Mainframe komputer yaitu komputer besar yang berisi prosesor yang banyak. Komputer sebagai central local pada jaringan telepon di Belanda.
Contoh SO yang mendukung : Windows NT, UNIX, LINUX.

Distributed processing
Distributed processing adalah manajemen banyak proses yang dapat dijalankan oleh sejumlah komputer yang tersebar (terdistribusi). Sistem operasi yang menjalankan tugas distribusi antara lain AMOEBA, MATCH, LINUX.


Sumber :
http://bakeno.blogspot.com/2011/04/perbandingan-manajemen-proses-sistem.html
http://blog.ugm.ac.id/2010/09/22/multiprogramming-multiprocessing-multitasking-timesharing-2-2/
http://suryo.blog.ugm.ac.id/2010/09/21/perbedaan-multiprogrammingmultiprocessingmultitasking-dan-timesharing/
Lelono, Danang -  SO Manajemen Proses Komplit
Modul Training TOT : Sistem Operasi 


Post a Comment

Rules For Comments
- Must polite
- Have relation with the post
- No SARA!
- No Spamming

Thank you :)