Radira |

Belajar Dasar Algoritma Pemrograman Menggunakan Bahasa C++

Nah lho! Judulnya aja gitu, gimana sama isinya?!

Sebenernya.. cuma pengen share doang ke teman-teman, gimana sih rasanya waktu ngerjain tugas algoritma dari dosen alpro tersayang? (*ehem) Singkatnya tuh, baca aja judulnya. 

Sekilas, Algoritma adalah prosedur yang didefinisikan dengan jelas dan terdiri dari langkah-langkah yang banyak yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Jadi, sebelum buat program pakai bahasa C++ tuh, aku disuruh belajar algoritma dulu, baru deh ke pemrogramannya. Contoh algoritma :

Algoritma : mengkonversi suhu dari fahrenheit ke celcius
1) Input (F)
2) c <- 5/9*(F-32)
3) write (c)

Langsung aja yah, buat teman-teman yang lagi bingung cari jawaban algoritma. Ini jawabanku :

Algoritma : menentukan bilangan terbesar dari dua bilangan
1) Input (x,y)
2) terbesar <- x
3) if (terbesar<y) then
         terbesar <- y
    end-if
4) write (terbesar)
Algoritma : menampilkan lima buah tulisan ("Aku Dibuat Pusing Sama Algoritma")
1) c <- 1
2) while (c<6) do
         write ("Aku Dibuat Pusing Sama Algoritma")
         c <- c+1

Algoritma  : menampilkan bilangan" ganjil kurang dari 10 dan tidak habis dibagi 3
1) i <- 1
2) while (i<10) do
          if (i mod 3<>0) then
                 write i
          end-if
          i <- i+2

Outputnya : 1, 5,7

Algoritma  dengan output : 1 2 3 1 2 3 1 2 3
1) i <- 1
    a <- 1
2) while (i<4) do
           while (a<4) do 
                   write a
                   a <- a +1
           i <- i+1

Algoritma  dengan output : 0 3 8 15 24 , dst
1) Input (n)
2) c <- 1
3) while (c<=n)
            write ((c*c)-1)
            c <- c+1

atau

1) Input (n)
2) a <- 0
    c <- 1
    i <- 3
3) while (c<=n)
           write (a)
           p <- p+2
           a <- a+p
           c <- c+1

Algoritma  dengan output : 0 1 1 4 2 9, dst
1) Input (n)
2) c <- 1
    i <- 0
    a <- 0
3) while (c<=n) do
          if ((c mod 2)=1) then
          write (i)
          a <- a+1
    else
          write (a*a)
          i <- i+2
   c <- c+1

Algoritma : menentukan bilangan prima atau bukan
1) Input (a)
2) if (((p-1)! + 1) mod p) = 0) then
          write ("Prima")
    else
          write ("Bukan Prima")

Algoritma  dengan output :  1 2 3 7 6 12 10 17 15, dst
1) Input (n)
2) c <- 1
    i <- 2
    a <- 2
    n <- 1
3) while (c<=n) do
           write (c)
           write (a)
           c <- c + i
           i <- i + 1
           a <- a + 5
           n <- n + 5

Algoritma : menentukan rata-rata n buah data
1) Input (n)
2) c <- 1
    i <- 1
3) while (c<=n) do
           input (d)
           i <- i + d
           c <- c + 1
    r <- i/n
    write (r)

Algoritma : menentukan tahun kabisat antara tahun 2000 dan 2200
1) Input (a)
2) If (a>2000) then
            if ((a mod 4)=0) then
                    write ("Tahun Kabisat")
            else
                    write ("Bukan Tahun Kabisat")
    else if (a<2200) then
            if ((a mod 4)=0) then
                    write ("Tahun Kabisat")
            else
                    write ("Bukan Tahun Kabisat")

Gimana teman-teman? Udah dapat jawabannya?
Ini jawabanku, gimana jawaban kamu? (Kamu : "Ngikut kamu aja deh, daripada ngga ngerjain.") XD
Jangan lupa kasih comment ya. OK!

4 comments:

  1. mudah2an saya bisa paham,, makasih

    ReplyDelete
  2. Pakai aplikasi apa gan untuk buat begituan? Borland c++ kah ? Atau ... ?

    ReplyDelete

Rules For Comments
- Must polite
- Have relation with the post
- No SARA!
- No Spamming

Thank you :)