Radira |

Kebugaran Mental

Mental seseorang dapat dikatakan sehat apabila ia memiliki kesadaran diri (self awareness), kesadaran akan kelompok (group awareness), dan kesadaran akan lingkungan (environment awareness).

Kesadaran Diri (Self Awareness) : Kemampuan untuk melihat, memikirkan, merenungkan, dan menilai diri sendiri (paham dan tahu akan kelebihan dan kekurangan diri). Langkah awal untuk memahami diri adalah selalu berpikir positif (Positive thingking) terhadap apa pun yang terjadi pada diri. Memiliki motivasi (self motivation) dengan menunjukkan yang terbaik dalam upaya mencapai tujuan yang diharapkan, serta mampu menerima setiap perubahan yang terjadi (adaptable).  Aplikasinya adalah kita perlu sadar dan mau menerima apa yang terjadi pada diri kita dengan selalu memberi makna dari setiap kejadian atau peristiwa dengan menunjukkan yang terbaik dalam proses pencapaian tujuan.
Kesadaran Berkelompok (Group Awareness) : Mengenal, memahami, dan menerima orang lain, tidak hanya dengan perkataan namun dengan kemampuan mendengar, memahami pemikiran dan perasaan dalam berhubungan dengan orang lain. Aplikasinya adalah dalam setiap hubungan dengan orang lain kita menyadari bahwa dia memiliki kelebihan dan kekurangan. Terima mereka apa adanya.

Kesadaran Lingkungan (Environmental Awareness) : Menyadari bahwa lingkungan sekitar sangat mempengatuhi kehidupan kita. Kita perlu memperlakukan lingkungan dengan semestinya. Aplikasinya adalah menjaga lingkungan tetap bersih, asri, dan nyaman untuk kita tempati.

Post a Comment

Rules For Comments
- Must be polite
- Have any relation to the post
- No SARA!
- No Spamming

Thank you :)